free stats Custom Rom Oppo R15, Lineage OS 16 Android 9 Pie

Custom Rom Oppo R15, Lineage OS 16 Android 9 Pie

Sudah sering saya browsing mencari Custom Rom Lineage OS 16 untuk hp saya Oppo R15, Tapi susah sekali ya cari rom tersebut, Saya sudah mencarinya sampai keliling forum, facebook, google, telegram, dll tapi belum dapat juga, Karena itu saya berniat port sendiri Custom Rom Lineage OS 16 tersebut agar keinginan saya untuk bisa menginstall custom rom Lineage OS 16 di hp Oppo R15 bisa segera terwujudkan.

Saya ( Pendi Rahmat ) paham betul porting rom tidak semudah memasak air, Wkwkwk. Terus terang saja saya meminta dibantu oleh beberapa teman serta kenalan saya yang sudah berpengalaman dalam hal porting Custom Rom. Dengan bantuan kawan-kawan tersebut, Porting rom Lineage OS 16 untuk device Oppo R15 yang aslinya bikin kepala saya mumet, Sekarang sudah terselesaikan hingga Custom Rom ini mencapai status Stabil dan Layak untuk digunakan harian. Sekedar info aja cusrom ini Berbasis Android 9.0 (Pie), Saya port dari custom rom brand tetangga ( ZTE Axon 9 Pro ). Basa-basi gini gak perlu dibaca sih wkwkwk, Langsung kamu baca bagian-bagian pentingnya aja.

Bugs:

  • Gyroscope ( sudah diperbaiki )
  • Fingerprint ( sudah diperbaiki )
  • DT2W / Double Tap To Wake selalu hidup, gak bisa disable
  • APN Harus Disetting Secara Manual
  • Hanya itu saja bug yang masih ada pada custom rom Lineage OS 16 ( Oppo R15 ) hingga saat ini, Bug yang lain sudah saya perbaiki pada file update dengan nama patch-rom-r15.zip

Download:

Screenshots Lineage OS 16

Custom Rom Oppo R15 SS1

Langkah Instalasi:

  • Sudah install Custom Recovery, TWRP Recovery atau Custom Recovery lain untuk Oppo R15, Yang penting bisa dipake untuk install custom rom pada device Oppo R15. Bebas sih, Tapi pada tutorial ini saya akan menggunakan TWRP.
  • Kalau belum, Silahkan kamu install dulu: TWRP Recovery Oppo R15
  • Simpan bahan rom yang kamu download tadi ke memori external sdcard, File harus ditaruh pada direktori paling luar ya, Contoh: /sdcard/oppo-r15-rom-lineage16.zip, Jangan ditaruh dalam foder.
  • Pastikan baterai Oppo R15 kamu terisi lebih dari 50%, Karena bootloop bisa terjadi apabila hp mati dikarenakan kehabisan baterai saat proses install custom rom.
  • Nyalakan Oppo R15 ke mode recovery TWRP, Untuk masuk ke twrp handphone harus dalam keadaan mati, Lalu kamu tekan dan tahan tombol power + volume atas secara bersamaan
  • Saya sarankan full backup dulu rom Oppo R15 kamu, Untuk berjaga-jaga apabila terjadi hal yang tidak diinginkan.
  • Wipe hp kamu dengan masuk ke menu “Wipe”
  • Swipe ke kanan (Secara default TWRP akan melakukan wipe pada Data, Cache, Dalvik Cache)
  • Kembali pada layar awal TWRP
  • Pilih “Install”
  • Tekan “Select Storage”, Pilih sdcard
  • Cari file rom yang kamu taruh di sdcard sebelumnya yaitu oppo-r15-rom-lineage16.zip, Pilih file tersebut & swipe ke kanan, Tunggu hingga selesai
  • Ulangi langkah “Install” file zip seperti sebelumnya namun kali ini yang kamu pilih adalah file patch-rom-r15.zip kemudian ulangi sekali lagi untuk menginstall file gapps.zip
  • Reboot hp Oppo R15 kamu dengan memilih menu “Reboot”, Pilih “System”

Boot awal Oppo R15 setelah instalasi custom rom Lineage OS 16 akan berlangsung lebih lama dari biasanya, Namun kamu tidak perlu cemas, Karena boot awal setelah install rom atau setelah factory reset memang lebih lama dari boot biasa, Hal itu sangatlah wajar, Sangat normal. Jadi hp Oppo R15 nya jangan dimatiin ya. Ditunggu aja, Gak sampai 10 menit kok. Setelah hp Oppo R15 menyala kamu akan diminta untuk mengkonfigurasi hp kamu karena memang rom nya masih baru pertama kali dinyalakan. Untuk boot yang selanjutnya bila kamu mematikan lalu menyalakan hp akan berlangsung cepat seperti biasa.

Setelah custom rom Lineage OS 16 terinstall, Kira-kira seperti ini pendapat saya. Manajemen ram Oppo R15 menjadi lebih baik, Performa juga mendapatkan peningkatan karena Lineage OS 16 adalah custom rom yang ringan, UI tidak boros ram. Malah menurut saya Lineage OS 16 ini lebih ringan & lebih cepet dari rom bawaan Oppo R15, Ya pokoknya smooth banget lah, Pengalaman penggunaan sama persis seperti pake Pixel Experience. Mantap Sekali Kawan.

Tidak lupa saya ucapkan terima kasih kepada xda-developers, sourceforge.net, serta kawan-kawan yang sudah membantu porting serta perbaikan bug pada custom rom Lineage OS 16 ini. Karena tanpa adanya sumber informasi serta bantuan dari mereka, Maka porting Custom Rom ini tidak akan mungkin berhasil hingga mencapai status stabil serta layak untuk digunakan harian.

Have fun & enjoy your new rom. Cheers.

(You must log in or sign up to make a reply here.)